Sosok Adi Saputra raih penghargaan Global Youth Leadership Award 2019

Sosok Adi Saputra raih penghargaan Global Youth Leadership Award 2019

Redaksi9.com - Sosok I Ketut Gede Agus Adi Saputra meraih penghargaan Global Youth Leadership Award 2019, yakni ajang penghargaan bergengsi yang diberikan kepada seorang yang memiliki dedikasi untuk misi perdamaian dunia.

Agus Adi Saputra yang akrab dipanggil Adi Siput adalah putra dari pasangan I Ketut Karsana dan Ni Made Murah, asal Desa Manik Tawang Tampaksiring, Gianyar Bali atas hasil karya pengabdian selama hampir sembilan tahun mulai  tahun  2010 tergabung dalam Dharmaduta Santhisena Ashram Gandhi Puri Bali, membawa seorang Adi Siput untuk sabet penghargaan Global Youth leadership Award 2019.

Adi Siput berperan aktif dalam kreasi seni, khususnya Tari Bali dengan misi penyebaran Gerakan dan Ajaran Gandhi melalui seni tari dan budaya Bali. Sekaligus Sebagai wadah mempromosikan budaya Bali di mata Dunia.

Menurut Pengasuh Ashram Gandhi Puri (AGP) Agus Indra Udayana mengatakan Dharmaduta Shantisena sudah keliling ke berbagai negara Eropa, Amerika ,Timur Tengah, India, Malaysia dan Filipina.

Agus Indra Udayana menyebutkan Adi Siput yang juga pemain Bondres Bali hingga saat ini adalah salah satunya seniman Bali yang mendapatkan Penghargaan Global Youth leadership Award 2019.

Penghargaan ini diberikan serangkaian dengan Global Youth Peace Festival 2019 Candhigarh India yang diselenggarakan sejak 30 September hingga 2 Oktober 2019 yang ikuti lebih dari 20 negara.

Dari tujuh penerima penghargaan tersebut Adi Siput yang juga Direktor Dharmaduta Shantisena AGP, konsen dalam sembilan tahun belakangan mengikuti kegiatan penyebaran ajaran Gandhi bersama Dharmaduta Santhisena Ashram Gandhi Puri.

Agus Indra Udayana yang juga inisiator Indonesia-India Sanggam ini menambahkan penghargaan ini adalah buah dedikasi Adi Siput yang selama hampir sembilan tahun menjadi pengabdi (ngayah). Dari berbagai perjalanan Sanggam yang dilakukan Dharmaduta, dengan konsep "Melali, metimpal, melajah dan meyadnya" sebagai Dharmaduta.

Kegiatan Global Youth Peace Festival dengan tema "Leave No One Behind" ini juga didedikasikan pada 150 tahun Mahatma Gandhi. (rls)

Komentar